Wednesday, February 13, 2013

Urgensi Manajemen Waktu dalam Mencapai Cita - Cita



          Apakah yang dimaksud dengan manajemen waktu? Manajemen waktu adalah usaha dari seseorang untuk dapat meng-agendakan atau menyusun saat-saat yang akan dia lakukan disaat berikutnya sebagai acuan apa yang akan dia lakukan selanjutnya. Dan lalu apa pentingnya bagi kita?

          Pentingnya atau urgensi dari manajemen waktu adalah agar kita dapat mengatur jadwal apa yang akan kita lakukan, kita juga pasti akan lebih berdisiplin akan waktu yang telah kita pakai dan dapat melaksanakan berbagai macam kegiatan tanpa harus takut akan kegiatan lainyakarna kita telah memiliki agenda akan hidup kita yaitu “Manajemen Waktu”.



          Bagaimana cara untuk dapat meningkatkan sikap dan kemauan tersebut? Ingat akan adanya Allah SWT adalah caranya. Dengan ingat akan adanya Sang Khalik kita dapat ingat akan waktu yang kita telah tempuh disepanjang hidup ini dan apakah itu adalah cara terbaik untuk menjalani hidup kita serta apa manfaatnya bagi kita selaku penganut agama yang baik. Dengan ingat akan Allah SWT kita akan ingat akan sedikitnya waktu kita didunia dan kekalnya akhirat sehingga muncullah kemauan dari kita untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

          Lalu apa hubunganya dengan cita-cita? Cita-cita hanya dan akan hanya terjadi jika kita sebagai manusia berusaha dengan segigih-gigihnya untuk mencapai cita-cita tersebut yang disertai dengan doa. Lalu bukankah manajemen waktu merupakan salah satu usaha untuk mencapai cita-cita? Ya, manajemen waktu merupakan salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mencapai cita-cita. Dengan manajemen waktu yang baik berbagai tujuan yang telah dijadwalkan sebelumnya pastilah akan lebih mudah untuk dapat dilakukan dan dapat dilaksanakan sehingga capaian-capaian tersebut lebih membantu kita untuk dapat semakin mendekati cita-cita yang kita idamkan, dan tentu doa merupakan pendorong selanjutnya setelah yang telah kita berikan. 

          Cara di bawah ini mungkin sedikit banyak membantu agar manajemen waktu kita lebih efektif:

- Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup anda( Target ). 

          Agar hidup lebih bermakn, seharusnya kita sebagai umat manusia memiliki keinginan tertentu yang harus kita capai sebelum ajal menjemput kita. Tujuan dan cita-cita hidup harus kita tetapkan sedini mungkin agar waktu pencapaiannya mencukupi intuk meraihnya. Dan yang terpenting tujuan dan cita-cita kita harus realistis dan jelas.





      - Lakukan perencanaan. 
                Untuk mencapai tujuan dan cita-cita yang telah kita tentukan. Hal terpenting setelah itu ialah menetapkan langkah-langkah apa untuk menuju ke tujuan kita. Langkah-langkah ini tentunya harus sistematis dan realistis untuk melakukannya. Langkah-langkah ini terangkum dalam perencanaan jangka panjang dan rencana jangka pendek.

·         - Tetapkan skala prioritas.
           Setelah tahapan sebelumnya tercapai, tetapkan dan tentukan dari beberapa langkah tersebut mana yang paling penting dan paling mendesak.

·         - Luangkan waktu.
                Meskipun kita memiliki sejumlah rencana yang akan segera direalisasikan. Kita juga harus sadar bahwa diri kita juga butuh penyegaran, rekreasi untuk me-refresh pikiran dan tubuh kita. Luangkan waktu untuk break sejenak melepas kepenatan dan kejenuhan rutinitas yang kita lakukan. Namun jangan lupa sehingga waktu luang yang kita luangkan tidak sampai berpengaruh pada menurunnya produktifitas kita.

No comments:

Post a Comment