Sunday, September 7, 2014

Ilmu Komputasi (Computational Science)

Ehm, apa sih ilmu komputasi itu? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan kebanyakan orang (termasuk gue) di muka bumi ini khususnya di Negara tercinta kita yaitu Indonesia.

Sebenernya gue cuma tau sedikit tentang ilmu komputasi itu, maklum lah karena cuma satu-satunya jurusan yang ada di Indonesia. Jurusan S1 Ilmu Komputasi hanya ada di kampus gue tercinta di Telkom University kalo disingkat menjadi Tel-U bukan Tell You, bukan Telu (apaan telu itu bahasa Jawa-nya angka tiga), dan bukan juga Unitel titik, oke gak penting.

Oke langsung saja, in my humble opinion ilmu komputasi adalah disiplin ilmu yang
memecahkan masalah kompleks dengan cara memodelkannya ke dalam model matematika dan disusun menggunakan algoritma yang efisien lalu disimulasikan dengan software menggunakan ilmu dan teknik komputer tertentu. CMIIW…


 

 Berdasarkan gambar diatas, Ilmu Komputasi merupakan peleburan dari Matematika, Ilmu Komputer dan Rekayasa. Jadi, bidang ini berbeda dengan Ilmu Komputer (Computer Science) yang mengkaji tentang komputer dan pemrosesan informasi. CMIIW...

*CMIIW : Correct Me If I Wrong

Mungkin cuma itu yang gue ketahui, nanti gue tambahin lagi informasinya kalo pengetahuan gue bertambah (harus bertambah dong!), maklum lah namanya juga MABA (Mahasiswa Baru) hehe. Oh iya, gue kuliah di Telkom University jurusan S1 Ilmu Komputasi kelas IK-38-02, kalo berkenan temuin gue ya, khususnya untuk para cewek ;)

No comments:

Post a Comment